Minggu, 20 Juni 2010

EDYWORLD

EDYWORLD


Somba Opu, Benteng yang Terbuat dari Tanah Liat dan Putih Telur

Posted: 19 Jun 2010 07:29 AM PDT



Kalo kamu pergi ke Makasar, Sulawesi Selatan, jangan lupa mampir ke Benteng Somba Opu.

Ada yang spesial, loh, dari benteng yang dibangun oleh Sultan Gowa ke IX, Daeng Matanre Karaeng Tumapa'risi' Kallonna tahun 1525. Bangunan itu dibangun dari tanah liat dan putih telur sebagai pengganti semen. Ckckck!!!

Bagaimana bentuk benteng Somba Opu? Benteng kokoh ini berbentuk segi empat, dengan panjang sekitar 2 kilometer, tinggi 7-8 meter, dan luasnya sekitar 1.500 hektar. Seluruh bangunan benteng dipagari dengan dinding yang cukup tebal.



Benteng Somba Opu dikenal sebagai benteng yang terkuat juga sebagai saksi sejarah kegigihan Sultan Hasanuddin serta rakyatnya mempertahankan negrinya!

Benteng Somba Opu dibangun oleh Raja Gowa ke IX Daeng Matanre tumaparisi Kallonna pada abad ke XVI (1550 1650), yang merupakan Kerajaan Gowa dan salah satu kota Bandar terbesar di Asia Tenggara pada masanya. Benteng Somba Opu merupakan peninggalan sejarah kerajaan perkasa masa lalu di Sulawesi Selatan, sekarang kawasan ini dijadikan pusat budaya miniature Sulawesi Selatan dan telah dibangun berbagai rumah adat tradisinal dari semua suku/etnis yang ada disana (Sulsel). Dimana semua rumah dapat menggambarkan budayanya masing-masing.

Pada abad ke 16, benteng ini sempat menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang asing dari Asia dan Eropa. Sayangnya, tanggal 24 Juni 1669 benteng ini dikuasai oleh VOC dan kemudian dihancurkan hingga terendam ombak pasang.

Kini, benteng Somba Opu berupa reruntuhan. Benteng yang dulu kokoh dan gagah hanya tinggal kenangan. Sebagai gantinya, dibangun saukang yang digunakan untuk tempat berdoa dan pemujaan bagi masyarakat setempat.

Biasanya, tiap warga yang datang memberi sesaji seperti, nasi putih, nasi merah, atau nasi kuning, ayam bakar, dan bunga. Setelah berdoa, warga menghabiskan sesaji itu bersama keluarga. Yah, walaupun hancur masih bisa dimanfaatkan!

Benteng Somba Opu ditemukan sejumlah ilmuwan tahun 1980-an. Sekitar tahun 1990, bangunan benteng yang sudah rusak diperbaiki supaya tampak lebih indah.

Selain reruntuhan benteng Somba Opu, di dalam kompleks benteng terdapat beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan, seperti Bugis, Makassar, Mandar, dan Kajang.

Selain itu, juga terdapat sebuah meriam bernama Baluwara Aung sepanjang 9 meter dengan berat 9.500 kg, dan sebuah museum yang berisi benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Gowa.





Tips Nonton Hujan Meteor

Posted: 19 Jun 2010 07:26 AM PDT



JAKARTA
- Puncak hujan meteor Lyrids diprediksi akan mulai terjadi malam ini, tanggal 22 April dini hari. Para pecinta astronomi tentu tak sabar 'berburu' meteor yang jatuh dari langit. Agar bisa menikmati keindahan fenomena alam ini dengan sempurna, ada beberapa saran yang bisa dijadikan acuan.

Kepala Observatorium Boscha di Lembang, Bandung, Hakim L Malasan memperhitungkan, puncak hujan meteor Lyrids akan terjadi sekira pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB pada 22 April 2010. Hujan meteor ini, menurut Hakim, tidak membahayakan.

"Jika beruntung, kita bisa lihat Fire Ball, yaitu ledakan besar yang terjadi saat meteor mulai memasuki Bumi. Peristiwa ini berlangsung hanya beberapa detik saja dan ini aman, tidak ada pengaruh ke Bumi. Meteor yang jatuh akan perlahan terkikis habis," terang Hakim saat dihubungi Okezone, Rabu (21/4/2010).

Tak lupa, Hakim pun memberikan beberapa saran bagi pecinta astronomi yang akan menyaksikannya nanti malam.

Yang pertama, menurut Hakim, lebih leluasa melihatnya dengan mata telanjang. Hujan meteor pun aman dilihat tanpa alat bantu. Justru jika menggunakan teleskop, ujarnya, jarak pandang menjadi sempit dan terbatas.

Kedua, hindari tempat yang terang. Dengan asumsi, cahaya-cahaya terang berada dibawah kita. Misalnya jika di perkotaan, bisa dilihat dari balkon atau atap rumah.

Ketiga, arahkan pandangan ke arah Timur laut, tepatnya dekat rasi Lyra. Namun bagi astronom amatir yang kurang paham, Hakim punya cara termudah untuk mendeteksi keberadaan hujan meteor. "Cukup dengan melihat sekeliling langit. Dimana ada kelebatan cahaya, kita bisa mengidentifikasi itulah wilayah meteor jatuh," sarannya.

Keempat, bagi yang ingin mengabadikan fenomena ini, gunakan kamera atau video yang memiliki lensa medan luas serta daya sensitifitas tinggi. Tak lupa gunakan tripod agar hasil pengamatan terekam sempurna.

Terakhir, karena pengamatan dilakukan di luar ruangan, tentunya udara akan cukup dingin dan angin malam bisa mengganggu kesehatan. "Terkadang ada astronom yang begitu terkesima melihat hujan meteor, mereka lupa melindungi tubuh dengan pakaian hangat. Akibatnya perut jadi kram karena kedinginan, atau keesokannya sakit," kata Hakim. Itu sebabnya, Hakim menyarankan para pecinta astronomi menggunakan pakaian hangat agar lebih nyaman saat melakukan pengamatan.

Nah, tips sederhana ini bisa dicoba saat melakukan pengamatan nanti malam. Namun Hakim juga mengingatkan, syarat untuk bisa melihat meteor adalah langit harus cerah. "Jika ternyata langit mendung, ya apa boleh buat, alam kan tidak bisa diprediksi. Tapi saya berharap semoga nanti malam cuacanya mendukung," harapnya.

sumber: okezone.com

Anjing Yang Terbaik Dalam Bidangnya

Posted: 19 Jun 2010 07:17 AM PDT

1. Anjing paling cerdas.
Spoiler for pertama:



Border collie
Pertanyaannya adalah: Bagaimana cara mengetahuinya?
Ternyata ada seorang psikolog, Stanley Coren, yang melakukan penelitian terhadap hal tersebut. Dan kecerdasan anjing bisa dilihat dari kecepatan respon anjing terhadap perintah-perintah baru, proses penginderaan, kelakuan, pola tidur, stress, dll Dan border collie is the winner.
Quote:
2. Anjing penjaga terbaik
Spoiler for kedua:



Bullmastiff
persilangan antara mastiff sama bulldog.
Untuk yang ini mungkin beberapa orang bakal gak setuju. Beberapa saingannya adalah borboel, Rottweiller, Doberman Phincher, dll. Tapi menurt ane yang ini adalah anjing penjaga numero uno karena beberapa alasan.
Ukuran yang besar, wajah "intimidating" gonggongan keras, protective instinct yang bagus. Tapi satu hal yang paling keren adalah bahwa ajing ini gak suka gigit. Dia menyerang menggunakan besar tubuhnya, menjatuhkan penyusup terus berdiri diatasnya sambil pamer gigi. Dia gak akan gigit selama orang tersebut tidak melawan.
Quote:
3. Anjing paling berani
Spoiler for ketiga:




Rhodesian Ridgeback
Kalo agan-agan pikir Mastiff adalah anjing yang paling berani, bandingkan dengan yang ini.
Dikembangkan di Afrika sebelah selatan sebagai anjing pemburu. Apa yang diburu?
ini dia
Spoiler for ini dia:

Yup, berburu singa. Gak percaya nih sumbernya. wiki
Selain sebagai anjing paling pemberani ini adalah anjing paing keren staminanya. Bisa berlari terus selama 1jam penuh tanpa keringat. Terrier aja kalah.
Quote:
4. Anjing petarung terbaik
untuk kategori ini ane gak yakin mana yang terhebat, jadi ane masukan dua-duanya.
Quote:
Spoiler for keempat pertama:


By thenakedking at 2010-06-08


Pertama Tosa jepang ato Japanese mastiff
Gak seperti keluarga mastiff yang laen, yang ini adalah anjing besar yang lincah dan berstamina OK. Dan satu hal yang palig penting untuk anjing petarung adalah tahan sakit. Hati-hati kalo punya anjing ini, karena dia gak bisa akur sama anjing laen. Biasanya akan tarung, dan masalahnya, tosa seringnya bakal menang.
Satu lagi, wikianswer mangatakan dengan perbandingan ukuran tubuh, tosa adalah anjing paling kuat.
Quote:
Spoiler for keempat kedua:


By thenakedking at 2010-06-08

Kedua pitbull
Emang terkenal, yang satu ini. Walaupun gak sebesar tosa, pitbull lebih lincah dan staminanya lebih OK. Tapi yang bikin anjing ini keren adalah tipe serangannya yang langsung menyerang tenggorokan, dan sekali dia gigit, dia gak akan mau lepas.
Spoiler for Vs:
tapi menurut ane, kalo dua tipe ini bertemu, 6 banding 4 ane pegang tosa, gan.
Gambarnya emang gede, moga-moga pake koneksi dewa..
sekian terima kasih semoga berkesan jangan lupa komeng and rate.

Ane update.

Quote:
5. anjing paling bodoh, paling "jelek", penjaga paling buruk, penciuman paling sensitif, keturunan paling murni.
Spoiler for kelima:

By thenakedking at 2010-06-09


dikasih nama bloodhound karena kemurnian darahnya. meskipun salah satu anjing paling bodoh, bloodhound cukup berguna untuk pekerjaan polisi. biasanya digunakan buat melacak orang hilang.
Quote:
6. anjing tertinggi
Spoiler for keenam:


Great dane.
liat aja pidionya
Quote:
7. anjing paling maniak tarung. (sekarang sudah punah)
Spoiler for cordoba dog:

By thenakedking at 2010-06-10

ini adalah anjing yang lebih suka tarung daripada kimpoi. kalo ada dua anjing jenis ini, jantan dan betina, ketemu, mereka akan milih tarung dari pada kimpoi, mungkin itu penyebab kepunahannya. lebih sibuk tarung daripada kimpoi.
Quote:
8. anjing paling setia.
Spoiler for loyal:

Akita inu
Ane pilih ini karena nonton Hachiko.
kalo agan sakit ato melahirkan di jepang, agan bakal dapet patung anjing akita kecil sebagai lambang keberuntungan. Dulu, di jepang anjing ini cukup keren, yang punya adalah keluarga kelas tinggi.
Quote:
9. anjing paling populer
Spoiler for pop:

Labrador retriever
dikemnangkan di daerah newfoundland, idenya sih untuk bikin newfoundland dog versi kecil, dan berhasil. dikasih nama sama dengan tempat dia "bekerja" laut labrador.
di laut? yah, seperti pendahulunya newfoundland, dia adalah perenang yang baik, digunakan untuk menangkap ikan hasil pancingan.
Quote:
10. anjing tercepat
Spoiler for cepat:

bisa lari sampai 65kmph. sebabnya mereka punya tulang punggung yang fleksibel sama suspensi yang bagus. biasanay dipake untuk balap anjing.
Quote:
11. Anjing Indonesia
Spoiler for Indonesia:


Anjing ini sudah ada di Bali sejak 600 tahun yang lalu, persilangan antara anjing asli bali yang ane gak tau anjing apa itu, sama anjing ini.
Spoiler for ini:

bisa nebak ini tipe apa?
asalnya dari china. chow chow, dan keluar kintamani.
anjingnya cerdas dan teritorial. punya hobi memanjat, kayak kucing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

thumbnail
Judul: EDYWORLD
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz